PPDB SMP Tahap 1 Sudah Dimulai

PPDB SMP Tahap 1 Sudah Dimulai

Radarcirebon.com, CIREBON - DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon kembali akan melaksanakan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang TK, SD, dan SMP mulai sejak Rabu (23/6). Sorotan tajam mengarah kepada jenjang SMP yang melaksanakan PPDB secara online kembali melalui laman yang sudah disiapkan Disdik Kota Cirebon.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 untuk Jenjang SMP telah dimulai pada 23 Juni 2022 lalu.  Pendaftaran itu dibuka untuk jalur afirmasi dan juga prestasi yang diperuntukan sebesar 50 persen dari kuota yang disediakan oleh masing-masing SMPN yang ada di bawah naungan Disdik Kota Cirebon.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon Kadini SSos melalui Kepala Seksi (Kasi) Kepesertaan Didik Pendidikan Dasar pada Disdik Kota Cirebon, Ade Cahyaningsih mengatakan, pihaknya melaksanakan PPDB tahap 1 untuk SMP pada tanggal 23 Juni - 1 Juli 2022.

\"Kita akan buka untuk jalur prestasi rapor itu 10 persen dari kuota yang ada. Prestasi akademik dan non-akademik itu 20 persen. Kemudian ada afirmasi melalui KETM, ABK, dan Kondisi khusus lainnya 10 persen. Anak Guru 5 persen, dan juga perpindahan orang tua atau wali 5 persen,\" ujar Ade saat ditemui di Disdik, Jumat (24/6).

BACA JUGA:

Dalam kesempatan itu, Ade mengimbau kepada orang tua untuk bisa selektif memlih jalur-jalur yang akan digunakan oleh peserta didik untuk menempuh pendidikan lanjutan di jenjang SMP. Sehingga diharapkan, kemampuan siswa-siswi yang menjadi prioritas utama.

“Kalau untuk prestasi nilai rapot itu berpengaruh dari rata-rata rapor di SD. Rata-rata ini otomatis mereka bersaing se-Kota. Mereka yang merasa nilai hariannya baik, dan sekolah memberikan kesempatan itu, hak mereka untuk memilih,” ungkap Ade.

Namun demikian, ia tetap meminta orang tua untuk mempertimbangkan dengan matang jalur yang dipilihnya agar tepat dengan keinginan sang anak. “Silahkan difikirkan. Kalau perpindahan orang tua kan tidak bisa pilih. Ada jalur prestasi silahkan dipilih, di sekolah mana yang mumpuni,” jelasnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: